Just another free Blogger theme

  • BALI - Orang terkaya kelima di Indonesia Chairul Tanjung mengaku dirinya sedang menawar PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) sebesar USD1,8 miliar secara tunai (setara Rp17,46 triliun dengan kurs Rp9.700 per USD). PT Visi Media Asia adalah salah satu grup media terbesar di Asia Tenggara yang dimiliki Aburizal Bakrie.
  • Jakarta - Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 DKI Jakarta dari Rp 1,5 juta menjadi Rp 2,2 juta atau 44% menjadi kekhawatiran pengusaha untuk jangka panjang. Kalangan pengusaha khawatir UMP tahun berikutnya bisa ada kenaikan UMP hingga 55%.
  • Jakarta - Banyak orang yang ingin memulai usaha selalu mempunyai pertanyaan: bagaimana memulai suatu bisnis, apa yang harus dipersiapkan, bagaimana dengan risikonya dan lain-lain.
  • Hayo teman-teman pada mampir ya, kali mau belanja,,, hehe

Sabtu, 30 Maret 2013



Anak muda lebih gesit dan lincah, memiliki kreativitas yang tinggi, serta cepat dan berani dalam mengambil tindakan. Distro semakin marak dan kreativ dalam mengahadapi persaingan serta merebut pasar.


Fadil Fuad memulai usaha pada usia 20 tahun dengan memanfaatkan kreativitasnya dalam mendesain peranti lunak computer.

Jika orang lain mampu, saya pun mampu. Membangun kepribadian merupakan hal yang mutlak bagi keberhasilan sebuah usaha. Semakin mengenal diri sendiri, maka peluang untuk mengambil tindakan yang salah akan semakin kecil. Pengusaha muda harus mempersiapkan perubahan sikap mental. Pengusaha muda harus menguasai keterampilan dalam bidang softskill. Reputasi yang baik akan memudahkan dalam membuat jaringan dan memperkenalkan usaha baru. Seorang pengusaha harus mampu bergaul dengan sebanyak mungkin teman. Seorang pengusaha yang berhasil adalah seseorang yang mampu mengenali peluang dengan baik. Dunia bisnis memerlukan kemampuan negosiasi dan persuasi. Memulai usaha pada usia muda akan lebih berhasil dibandingkan apabila memulai usaha pada usia tua. Bermimpilah dan ikutilah dengan tindakan dan langkah nyata untuk mencapainya agar menjadi kenyataan. Pengusaha yang berhasil adalah pengusaha yang mampu bermimpi, bersemangat, dan bertidak untuk mencapai tujuan.

Alasan mengapa anak muda harus bermimpi disebabkan:

1.    Persaingan mendapatkan pekerjaan semakin ketat. Saat ini ada 11 juta pengangguran dan 0,5 juta diantaranya adalah sarjana. Sebuah pekerjaan dapat diperebutkan hingga ribuan orang.

2.    Kebebasan menentukan nasibnya sendiri dan berkreasi. Seorang pegawai dengan gaji Rp 16 juta sebulan memiliki kompetensi berupa banyaknya waktu yang terbuang untuk bekerja di kantor. Dengan demikian, keputusan untuk menjadi pengusaha memberikan kebebasan dalam berkreasi dan bekerja.

3. Potensi mendapatkan penghasilan yang tinggi. Penghasilan yang diperoleh oleh seorang pengusaha memang tidak tetap, namun risiko ini tidak seberapa bila dibandingkan dengan adanya kesempatan penghasilan yang tinggi. Pengusaha memberikan kesempatan menerima penghasilan lebih tinggi.

4.  Idealisme mengurangi pengangguran. Dalam kondisi sulit mencari pekerjaan seperti saat ini, tentunya peluang menciptakan lapangan pekerjaan sangat bermanfaat bagi banyak orang. Pada dasarnya, banyak peluang usaha yang dapat dilakukan oleh kalangan muda, terutama pada saat lapangan kerja terbatas.

Mencapai mimpi perlu memperhatikan:

1.    Mengubah impian menjadi visi
Visi adalah impian yang ingin kita capai dalam waktu tertentu. Setiap mimpi harus dapat diterjemahkan dalam sasaran-sasaran tertentu guna memudahkan pencapaiannya.

2.    Menyusun rencana strategis
Rencana strategis menyangkut rencana mengenai tujuan dalam kurun waktu tertentu dengan mempertimbangkan faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal adalah selera konsumen dan tren pasar, kondisi persaingan, dan kebijakan pemerintah, sedangkan faktor internal adalah kemampuan keuangan, budaya perusahaan, struktur organisasi, dan proses produksi.

3.    Menetapkan rencana jangka pendek
Dalam menyusun rencana jangka pendek, diperlukan perencanaan yang sesuai dengan kaidah SMART, yaitu:
a.  Spesific, merupakan target yang harus dijabarkan secara jelas dan tidak bermakna ganda.
b.    Measurable, merupakan target yang dapat diukur dengan jelas.
c.    Achievable, merupakan target yang dapat dicapai dengan realistis.
d.  Reasonable, merupakan penetapan target yang mempunyai pijakan yang kuat untuk dapat dicapai.
e.  Time Based, merupakan kurun waktu yang telah ditetapkan untuk mencapai target.

4.    Melaksanakan usaha
Setelah membuat rencana jangka pendek, maka perlu dibuat rencana operasi, yaitu membuat struktur organisasi, menentukan pekerjaan, hak, dan tanggung jawab setiap orang dengan jelas, serta melaksanakan pengawasan atas jalannya pekerjaan sehingga mutu pekerjaan dapat ditanggungjawabkan kualitasnya.


"Apa yang kita alami adalah akibat dari buah pikiran kita sendiri. Bila seseorang berbicara atau bertindak dengan pikiran atau niat yang buruk, maka kesedihan yang akan mengikutinya. Sementara bila seseorang berkata-kata atau berbuat dengan pikiran atau niat yang baik, murni, maka kebahagiaan akan mengikutinya, seperti bayangan yang tidak akan pernah meninggalkannya"... Contact me Juhairiah_ria@ymail.com

0 komentar:

Posting Komentar