Just another free Blogger theme

  • BALI - Orang terkaya kelima di Indonesia Chairul Tanjung mengaku dirinya sedang menawar PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) sebesar USD1,8 miliar secara tunai (setara Rp17,46 triliun dengan kurs Rp9.700 per USD). PT Visi Media Asia adalah salah satu grup media terbesar di Asia Tenggara yang dimiliki Aburizal Bakrie.
  • Jakarta - Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 DKI Jakarta dari Rp 1,5 juta menjadi Rp 2,2 juta atau 44% menjadi kekhawatiran pengusaha untuk jangka panjang. Kalangan pengusaha khawatir UMP tahun berikutnya bisa ada kenaikan UMP hingga 55%.
  • Jakarta - Banyak orang yang ingin memulai usaha selalu mempunyai pertanyaan: bagaimana memulai suatu bisnis, apa yang harus dipersiapkan, bagaimana dengan risikonya dan lain-lain.
  • Hayo teman-teman pada mampir ya, kali mau belanja,,, hehe

Sabtu, 30 Maret 2013



Hanya sebagian kecil yang tertarik untuk terjun menjadi pengusaha, meskipun menjanjikan masa depan yang cemerlang. Menjadi wirausahawan saat ini sangat diperlukan bukan hanya untuk kepentingan sendiri, tetapi untuk mengabdi pada bangsa dan negara. Pengangguran di Indonesia cukup besar. Pengusaha kecil menyelamatkan Indonesia dari krisis. Tantangan dan peluang bagi sarjana untuk menjadi wirausahawan.

Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Banyak orang muda yang sukses. Semakin sering mengasah diri menjadi pengusaha, maka semakin besar peluang untuk menjadi pengusaha sukses. Sukses karena kepiawaian menemukan inovasi, pengemasan, dan promosi. Wirausahawan membutuhkan kemauan dan tujuan yang jelas apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya.

Wirausahawan adalah seorang yang menciptakan usaha, penuh risiko, dan ketidakpastian. Dosen bisa sebagai fasilitator dalam pendidikan kewirausahaan.

Keuntungan menjadi wirausahawan adalah memiliki kebebasan mencapai tujuannya sendiri, menunjukkan potensi secara penuh, mendapatkan laba yang maksimal, kebebasan melakukan perubahan, menciptakan lapangan kerja, dan mendapatkan pengakuan dari masyarakat.

Ciri-ciri wirausahawan:

1.    Percaya diri
Percaya diri merupakan sikap dan keyakinan untuk memulai, melakukan, dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dihadapi.

2.    Berorientasi pada tugas dan hasil
Keberhasilan pencapaian tugas tersebut, sangat ditentukan pula oleh motivasi berprestasi, berorientasi pada keuntungan, kekuatan dan ketabahan, kerja keras, energik, serta berinisiatif.

3.    Berani mengambil risiko
Setiap proses bisnis harus memiliki risikonya masing-masing, dan apabila anda ingin memperoleh keuntungan, maka anda harus mau mengeluarkan biaya sekecil apapun biaya itu.

4.    Kepemimpinan
Memberikan suri teladan, berpikir positif, tidak antikritik, dan memiliki kecakapan dalam bergaul merupakan hal yang sangat diperlukan dalam berwirausaha.

5.    Keorisinalan
Keorisinalan dan keunikan dari suatu barang atau jasa merupakan hasil inovasi dan kreativitas yang diterapkan, mereka harus berpindah dengan cara yang baru atau berpikir sesuatu yang lama dengan cara-cara baru.

6.    Berorientasi pada masa depan
Memiliki pandangan jauh ke depan dan bila perlu sudah tiba lebih dahulu pada masa depan merupakan kemampuan yang biasanya ada pada setiap wirausahawan yang sukses.

Sikap wirausahawan:

1.    Disiplin
Dalam melaksanakan kegiatannya, seorang wirausahawan harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Arti dari kata disiplin tersebut adalah ketepatan komitmen wirausahawan terhadap tugas dan pekerjaannya.

2.    Komitmen tinggi
Komitmen adalah kesepakatan mengenai suatu hal yang dibuat oleh seorang, baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain.

3.    Jujur
Kejujuran merupakan landasan moral yang terkadang dilupakan oleh seseorang wirausahawan.

4.    Kreatif dan Inovatif
Daya kreativitas tersebut sebaiknya dilandasi oleh cara berpikir yang maju dan penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada selama di pasar.

5.    Mandiri
Seseorang dikatakan “mandiri” apabila orang tersebut dapat melakukan keinginan dengan baik tanpa adanya ketergantungan pada pihak lain dalam mengambil keputusan atau bertindak, termasuk mencukupi kebutuhan hidupnya, tanpa adanya ketergantungan dengan pihak lain.

6.    Realistis
Seseorang dikatakan realistis bila orang tersebut mampu menggunakan fakta atau realita sebagai landasan berpikir yang rasional dalam setiap pengambilan keputusan maupun tindakan atau perbuatan.

Profil tenaga kerja Indonesia dikuasai oleh pekerja, sedangkan wirausahawan kurang dari seperlimanya. Mayoritas orang Indonesia ingin menjadi PNS. Birokrasi pemerintah menjadi salah satu faktor yang mempersulit tumbuhnya wirausaha di Indonesia. Mayoritas wirausahawan yang berhasil berasal dari keturuna etnis Cina. Membangun kewirausahaan di Indonesia dengan mengubah paradigma, lembaga pendidikan memberikan bekal dan keterampilan berwirausaha, dan dukungan pemerintah. Prasyarat menjadi wirausahawan sukses adalah munculnya kemauan untuk berwirausaha atau memiliki semangat kewirausahaan atas kemauannya sendiri.



"Apa yang kita alami adalah akibat dari buah pikiran kita sendiri. Bila seseorang berbicara atau bertindak dengan pikiran atau niat yang buruk, maka kesedihan yang akan mengikutinya. Sementara bila seseorang berkata-kata atau berbuat dengan pikiran atau niat yang baik, murni, maka kebahagiaan akan mengikutinya, seperti bayangan yang tidak akan pernah meninggalkannya"... Contact me Juhairiah_ria@ymail.com

0 komentar:

Posting Komentar